Rumah Ramah Lingkungan Untuk Daerah Tropis

 

 

Rumah Ramah Lingkungan Untuk Daerah Tropis – Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat lingkungan disekitar menjadi tidak seimbang. Penggunaan energi yang digunakan dalam teknologi mempunyai beberapa dampak negatif dan positif yang bisa kita rasakan.

 

Contoh penggunaan teknologi yang berdampak terhadap lingkungan adalah gas freon yang dihasilkan oleh pendingin ruangan yang jika terkena lapisan ozon diudara akan mengikis lapisan ozon dan berdampak kepada pemanasan global.

 

Dengan berbekal pengetahuan dan kepedulian alam, kita berusaha untuk menyeimbangkan alam sekitar tempat tinggal kita agar kita sendiri menjadi nyaman dan sehat selama berada di lingkungan tempat tinggal kita. Namun, selama ini kita tidak memperhatikan masalah keseimbangan lingkungan tempat kita tinggal.

 

Oleh karena sudah terjadinya pemanasan global, salah satu cara yang bisa digunakan dalam  berpartisipasi dalam menyeimbangkan alam adalah dengan membuat desain rumah ramah lingkungan.

 

Keseimbangan alam disekitar kita merupakan salah satu tanggung jawab bersama yang harus kita pedulikan. Salah satu cara yang bisa kita gunakan adalah dengan menggunakan rumah yang didesain khusus untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh matahari.

 

Rumah panggung merupakan salah satu rumah yang berhasil dan terbukti mengurangi rasa panas. Namun desain rumah ini dinilai terlalu kuno oleh sebagian orang dan tidak lagi menggunakan konsep rumah panggung. Sebenarnya rumah panggung yang memiliki bagian kolong dibawah ini merupakan salah satu cara untuk menyejukkan rumah kita dengan aliran udara yang berhembus dari bawah.

 

Namun sudah beredar rumah ramah lingkungan yang diciptakan dengan menggunakan konsep terbaru dengan membuat taman yang ditumbuhi tanaman dan pepohonan. Desain rumah ramah lingkungan ini lebih mengutamakan keterbukaan untuk membuat sirkulasi udara yang bagus.

halaman rumah
halaman rumah ramah lingkungan.

Taman yang ditumbuhi dengan tanaman dan pepohonan ini akan bisa membuat udara lebih segar dan juga bisa digunakan sebagai tempat untuk mengistirahatkan diri dari aktivitas sehari – hari yang melelahkan.

 

Untuk membuatnya bisa dengan menggunakan ruangan atau taman dengan menggunakan roof garden sebagai bagian atapnya. Material bahan bangunan yang digunakan juga tidak mengandung racun dengan tidak menggunakan bahan – bahan berbahaya sewaktu dalam masa pembuatan bahan tersebut.

 

Bahan yang dimaksudkan adalah batu bata, semen, batu alam, kayu , bambu , kaca, baja , dan beberapa material lainnya yang bisa kita gunakan. Walaupun sudah semakin sulit untuk menemukan bahan – bahan alami tersebut. Pemanfaatan material bekas untuk sebagai bahan bangunan juga bisa membantu melestarikan alam.

rumah ramah lingkungan
rumah ramah lingkungan.

Jika menggunakan bahan – bahan ramah lingkungan, otomatis lingkungan disekitar juga akan menjadi lebih ramah dan terasa untuk nyaman dihuni.

 

 

 

Cara Mempercantik Tampilan Dinding Rumah<< >>Cara Membersihkan Sofa Berbahan Kain, Kulit dan Beludru

Leave a Reply

Your email address will not be published.