Cara Membersihkan Sofa Berbahan Kain, Kulit dan Beludru

 

 

Cara membersihkan sofa – Sofa yang merupakan salah satu furniture yang dimiliki oleh hampir setiap rumah ini membutuhkan perawatan rutin. Intensitas penggunaan sofa yang tinggi ini membuat kita membutuhkan perawatan yang lebih tinggi untuk membuat sofa tetap nyaman dan awet digunakan.

 

Membersihkan sofa ini merupakan hal yang harus diperhatikan karena kebersihan dari rumah kita bisa juga dilihat dari kebersihan sofa yang kita gunakan setiap harinya. Setiap sofa memiliki bahan yang berbeda – beda seperti kain, kulit, dan beludru. Jadi untuk masing – masing bahan dibutuhkan cara dan perawatan sofa yang berbeda pula. Cara perawatan dan pembersihan yang salah akan mengakibatkan bagian terluar dari sofa akan menjadi kusam dan rusak.

 

Cara Membersihkan Sofa Berbahan Kain, Kulit dan Beludru

 

Berikut ini akan diberikan tips dan cara membersihkan sofa yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan dan keawetan sofa.

 

  1. Sofa Berbahan Kain

 

sofa berbahan kain

 

Untuk membersihkan sofa berbahan kain ini bisa dengan menggunakan kemoceng atau juga bisa dengan menggunakan alat penyedot debu yang saat ini sudah banyak tersedia.

 

Alat penyedot debu ini hanya bisa digunakan untuk menyedot debu saja. Jadi bagaimana jika terdapat noda ? Jangan khawatir, untuk membersihkan noda dapat menggunakan kain micro fiber yang sudah dibasahi dengan sedikit air dan cuka.

 

Jika kain dari sofa bisa dilepas dan dipasang kembali maka, ada baiknya kain sofa ini dilepas dan dicuci untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

  1. Sofa Berbahan Kulit

 

sofa berbahan kulit
sofa berbahan kulit

 

Untuk membersihkan sofa berbahan kulit dari debu bisa dengan menggunakan kain yang sudah dibasahi sedikit dan kemudian dilap dengan perlahan. Atau juga bisa menggunakan mesin penyedot debu untuk bagian – bagian yang sulit dijangkau.

 

Gunakan juga bahan pelembab yang dikhususkan untuk menjaga agar bahan kulit sofa ini tidak mudah mengalami retakan garis. Untuk mengatasi noda yang menempel pada kulit sofa bisa menggunakan bahan cairan khusus untuk membersihkan noda pada kulit sofa.

 

  1. Sofa Berbahan Beludru

 

sofa berbahan beludru
sofa berbahan beludru

 

Sofa yang dilapisi dengan bahan beludru ini sering kita jumpai pada rumah – rumah yang terlihat megah dan mewah karena terkesan anggun dan berkelas. Namun untuk perawatan bahan beludru ini sangat rumit dibandingkan dengan bahan lainnya.

 

Untuk membersihkan sofa ini bisa menggunakan sikat khusus yang dapat dibeli di toko perabot atau pusat perbelanjaan. Cara menyikatnya juga sangat sederhana, yaitu dengan menyikat searah untuk menghindari terjadinya goresan pada permukaan kain.

 

Sofa berbahan beludru ini merupakan bahan membutuhkan perhatian khusus dan tidak boleh terkena minyak. Untuk membersihkan noda pada kain beludru ini bisa dengan menggunakan campuran cuka dan tepung maizena. Berdasarkan fakta, tepung memiliki sifat menyerap noda. Setelah menggunakan tepung, bisa dengna menggunakan sikat untuk menyikat kain beludru ini.

 

Cara membersihkan sofa berbahan kain, kulit dan beludru di atas merupakan cara yang umum dilakukan. Membersihkan sofa ini termasuk mudah jika kita mengetahui bahan dan teknik yang cocok untuk membersihkan sofa. Jadi, tampilkan ruangan indah rumah anda dengan sofa yang terawat untuk membuat hunian kita menjadi nyaman.

Rumah Ramah Lingkungan Untuk Daerah Tropis<< >>Tips Memilih Sofa Minimalis Untuk Ruang Tamu

Leave a Reply

Your email address will not be published.